Keputihan


Keputihan merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita .KEputihan yg disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal dalam bagian miss V dan sekitar bibir Miss V bagian luar.Keputihan bisa ditimbulkan oleh bakteri,virus, jamur atau juga parasit.Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan kesaluran kencing sehingga menimbulakan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.
  Gejala-gejala keputihan:
·       Keluarnya cairan berwarana putih kekuningan atau putih kelabu dari saluran Miss V .Cairan ini dapat encer atau kental dan kadang-kadang berbusa.Mungkin gejala ini proses normal sebelum atau sesudah haid.
·       Pada penderita tertentu terdapat rasa gatal yg menyertai.
·       Biasanya keputihan yg normal tidak disertai dengan rasa gatal .Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yg terlalu lelah atau stres.Sebagian cairan tersebut berasal dari leher rahim yg terinfeksi atau alat kelamin luar.
·       Pada bayi yg baru lahir dalam waktu 1 hingga 10 hari dari Miss V dapat keluar cairan akibat hormon yg dihasilkan oleh plasenta atau urtera.
·       Gadis muda terkadang juga menglami keputihan sesaat sebelum masa pubertas ,biasanya gejala ini hilang sendiri.

Dengan memperhatikan cairan yg keluar terkadang kita bisa mengetahui penyebab keputihan.Penyebab keputihan antara lain:
·       Infeksi gonore .Jika terinfeksi ini biasanya keputihan berupa cairan kental ,bernanah dan berwarna kuning kehijauan.
·       Parasit Trichomonas vaginalis .Jika terkena parasit ini keputihan menghasilkan banyak cairan berupa cairan encer berwarna kuning kelabu.
·       Keputihan disertai bau bisa disebabkan oleh kanker.
·       Kelelahan yg sangat atau stres.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Cute Spinning Flower Blue

Popular Posts

Followers